Inilah Tips Mengemudi Mobil Pada Malam Hari

0
121


Waktu malam hari jalan raya di berjalan-jalan menyusut, tapi hampir lebih dari 50% masalah kecelakaan mobil berlangsung selesai matahari tenggelam. Faktor penting dibalik realita ini yaitu ketidakcocokan menegangkan yang disebabkan oleh kegelapan jadi kebolehan mengemudi juga dikurang. Ini dia sejumlah tehnik untuk mengemudi mobil waktu malam hari.

Mengendarai mobil pada malam hari sungguh-sungguh susah buat seseorang pengemudi mobil. Tapi jangan kuatir, berikut di bawah ini yaitu beberepa tehnik keamanan untuk mengemudi pada malam hari.

1. Dimulai dengan lakukan persiapan mobil Anda untuk berkendara pada malam hari. Bersihkan mobil terutamanya sisi kaca jendela serta lampu, termasuk juga lampu depan serta lampu belakang.

2. Yakinkan kalau semua lampu mobil kerja secara baik hingga orang berkendara dibalik jalan bisa memandang mobil Anda dengan jelas.

3. Ingat menyalakan lampu Anda sebelum matahari tenggelam. Maksudnya kecuali membuat pengemudi dibalik jalan bisa memandang mobil Anda dengan jelas, akan juga menaikkan visibilitas Anda pada malam hari.

4. Jangan menyerot kendaraan lain dengan lampu penting (high-beam atau lampu dim dalam bahasa Indonesia) sebab lampu itu bisa kurangi visibilitas.

5. Jauhi apa pun yang membuat mata Anda silau kala berkendara waktu malam hari, sebab silau kurangi visibilitas serta pemahaman Anda. Bila penerangan lampu jalan cukup jelas, matikan pencahayaan dalam kabin mobil Anda.

6. Membersihkan debu serta embun dari kaca depan serta kaca yang lain sebab kotoran bisa membawa dampak silau.

7. Jauhi langsung memandang lampu kendaraan lain dari depan, sebab bisa silau mata. Bila tidak ada pembatas jalan dengan arah bersimpangan, berusahalah untuk menepi semaksimal kemungkinan dengan melirik ke batas pinggir jalan. Jangan bertambah kecepatan kala berpapasan dengan kendaraan dari depan.

8. Jangan mengemudi di atas batas kecepatan waktu malam hari sebab pemahaman Anda menyusut jadi Anda akan grogi bila berlangsung tebrakan. Diluar itu, menyopir dengan kecepatan tinggi pada malam hari sungguh-sungguh kurangi waktu Anda di dalam reaksi serta memang berlangsung kecelakaan.

9. Pasti mengemudi pada malam hari lebih melelahkan dibanding mengemudi di siang hari. Maka kalau rasakan lelah, istirahat tidak lama untuk berikan kesegaran diri diperjalanan, khususnya bila itu yaitu perjalanan jarak jauh.

10. Jika diperjalanan jarak jauh, pergilah dengan seseorang sopir lain agar Anda bisa berganti-gantian hingga Anda ada waktu untuk santai.

11. Jangan minuman mengandung alkohol sebelum mengemudi, sebab alkohol kecuali mengganggu kebolehan mengemudi Anda dapat juga membuat Anda rasakan mengantuk.

12. Jauhi merokok kala mengemudi sebab nikotin serta karbon monoksida halangi pandangan pada malam hari.

13. Mengawasi jarak aman pada mobil Anda dengan mobil di muka sebab Anda dapat memandang kecepatan serta jarak mobil Anda dengan kendaraan yang lain yang lebih baik.

14. Bila mobil Anda alami kerusakan umpamanya berhenti ditengah-tengah jalan. Jangan kuatir, tenang saja serta berilah sinyal peringatan pada pengendara-pengendara yang lain dengan menyalakan lampu genting serta pinggirkan mobil Anda keluar dari tubuh jalan.

15. Mengatur cermin mobil agar tidak terganggu oleh refleksi cahaya. Bila tidak mengatur cermin mobil, Anda kemungkinan memandang lampu mobil belakang Anda lewat refleksi kaca spion. Ini bisa halangi pandangan Anda ke depan.

16. Bila rasakan mengantuk serta kecapekan, berhenti mobil tidak lama sebab tanda-tanda itu bisa mengganggu pandangan Anda. Jangan berkandara lebih dari 3 jam terus-terusan nonstop.

Atas itu yaitu sebagian tips mengemudi dengan selamat pada malam hari. Mudah-mudahan berfaedah, serta mudah-mudahan selamat di jalan serta tiba di tujuan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here