Lakukan Hal Ini Jika Ingin Rambut Anda Tidak Rusak Saat Menggunakan Pengering Rambut

0
65


Satu diantaranya rutinitas yang kemungkinan tidak dengan Anda sadari bisa menyebabkan kerusakan rambut Anda ialah mengeringkan rambut dengan tidak benar. Umpamanya saja, mengeringkan rambut dengan alat pengering rambut (hair dryer) dapat bikin rambut Anda cepat rusak sebab panas yang dibuat.

Selanjutnya, bagaimanakah cara mengeringkan rambut yang benar? Baca reviewnya berikut.
Metode yang mengeringkan rambut yang benar

Kenapa mengeringkan rambut dengan hair dryer terdapat resiko menyebabkan kerusakan rambut? Sebelum menjawab pertanyaan ini, lebih baiknya Anda sadari sesaat bab anatomi rambut.

Tiap-tiap helai rambut yang melekat di kepala Anda diidentikkan jadi tabung yang terdiri atas susunan korteks serta susunan pelindung yang dimaksud kutikula. Kalau rambut Anda miliki kutikula yang prima serta halus (tak pecah-pecah), rambut Anda dapat nampak bersinar serta tak ringan patah.

Saat rambut dalam kondisi basah, kutikula akan terangkat. Mengeringkan rambut dengan hair dryer bikin air di luar rambut tergerak ke susunan korteks serta terdapat resiko menyebabkan kerusakan rambut.

Namun, mendiamkan rambut yang basah hingga sampai kering sendirinya tidak juga baik. Perihal ini dipicu waktu rambut dalam kondisi basah, rambut dapat alami pembengkakan.

Mengakibatkan, makin lama dibiarkan, makin besar dorongan tekanan yang diberi pada protein halus yang berperan buat mengawasi kebulatan rambut, sampai kemungkinan kerusakan rambut makin besar.

Walaupun demikian, Anda konsisten bisa mengeringkan rambut dengan hair dryer seandainya sadari metode yang benar. Berikut beberapa tehnik yang dapat Anda pakai supaya rambut Anda nampak lebih sehat kendati memanfaatkan alat pengering rambut.

  • Diamkan rambut Anda jadi kering saat beberapa saat sendirinya
  • Upayakan tidak untuk menggosok rambut dalam kondisi basah dengan handuk sebab dapat menyebabkan kerusakan kutikula rambut.
  • Menyetel suhu pada hair dryer yang terendah supaya cuma udara dingin yang keluar saat mengeringkan rambut.
  • Yakinkan jarak di antara hair dryer dengan rambut tidak demikian dekat, ialah 15 cm.
  • Ingat buat menggerak-gerakkan rambut Anda agar cepat kering.

Rutinitas keseharian yang bisa kurangi kerusakan rambut

Menurut American Academy of Dermatology, mengeringkan rambut secara benar bisa menahan kerusakan rambut saat Anda pun mengubah rutinitas jelek pada rambut Anda.

Buat memperoleh rambut yang sehat serta bersinar, coba melaksanakan kebiasaan-kebiasaan berikut:

Bukannya menggosokannya rambut dengan handuk, Anda dapat menutupi rambut Anda yang basah dengan handuk supaya airnya terserap.
Mengeringkan rambut dengan angin biasa atau udara kira-kira Anda, akan tetapi jangan didiamkan demikian saja sebab tidak kering dengan rata. Coba buat gerak-gerakkan rambut Anda.
Tak menyisir rambut dalam kondisi basah buat Anda yang miliki rambut lurus.
Untuk Anda yang punyai rambut ikal, diamkan rambut kering sekejap serta pakai sisir bergigi jarang-jarang saat rambut udah lumayan lembap.
Upayakan buat kurangi pemakaian hair dryer, hot comb, serta catokan. Kalau sangat mungkin, kurangi sampai 1 minggu sekali.

Tanda-tanda rambut rusak gara-gara mengeringkan rambut yang salah

Pada prinsipnya, ciri rambut rusak ringan didapati dari jumlahnya rambut rontok yang tambah banyak dibanding kebanyakan. Namun, kalau Anda alami gejala-gejala dibawah berikut ini, lekas komunikasikan dengan dokter atau pakar dermatologi buat memperoleh perlakuan yang pas.

  • Rambut bercabang
  • Ringkih serta ringan patah
  • Kusut serta kusam
  • Rambut tak elastis

Sadari metode mengeringkan rambut yang benar dapat meminimalkan peluang kerusakan rambut. Dengan demikian, Anda konsisten bisa miliki rambut yang sehat serta indah bersinar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here