Pengertian Hernia dan Penyebabnya

0
16

Apa itu hernia? Kamu  mungkin pernah mendengar tentang penyakit itu sebelumnya, atau bahkan pernah mengalaminya. Atau bahkan sekarang kamu sedang mengalami gejala yang ada. Apa itu hernia? Pengertian hernia menurut hellosehat.com adalah kondisi yang terjadi ketika sebagian atau keseluruhan dari orngan atau jaringan misalnya usus menonjol ke daerah-daerah yang tidak biasa. Bagian organ tersebut muncul melalui bukaan atau area lemah dalam dinding otot, sehingga muncul tonjolan atau benjolan.

Dilansir dari alodokter.com pengertian hernia atau turun berok adalah kondisi yang terjadi saat organ dalam tubuh menekan dan mencuat melalui jaringan otot atau jaringan ikat di sekitarnya yang lemah. Jaringat ikat tubuh harusnya cukup kuat untuk menahan organ tubuh di dalamnya agar tetap berada di posisi masing-masing. Beberapa hal menyebabkan jaringan ikat melemah hingga tidak dapat menahan organ di dalamnya dan mengakibatkan hernia.

Hernia memiliki berbagai macam jenis dan yang paling umum adalah hernia inguinal yang muncul pada selangkangan bagian dalam, hernia insisional yang muncul akibat sayatan, hernial femoralis yang muncul pada selangkangan luar, hernia umbilikiasi yang muncul di pusar dan hernia hiatal yang muncul pada perut bagian atas. Jika hernia hanya muncul karena tekanan atau renggangan, makan kondisi tersebut dikenal dengan hernia yang dapat direduksi dan tidak berbahaya. Sementara jaringan yang terjebak dalam bukaan atau ruang dan tidak dapat kembali lagi dinamakan hernia yang tertahan dan merupakan masalah serius. Hernia strangulasi adalah jenis hernia yang paling berbahaya, karena jaringan yang terjebak dapat kehilangan suplai darah dan akhirnya mati.

Hernia adalah kondisi yang lebih umum di alami oleh bayi dan anak-anak. Namun, orang dewasa juga dapat mengalami kondisi ini, kamu dapat mencegahnya dengan mengurangi faktor risiko pada penyakit ini.

Setelah mengetahui pengertian hernia, kamu juga harus tahu penyebab dari penyakit ini. Apa sajakah penyebabnya? menurut alodokter.com penyebab hernia adalah kombinasi antara kondisi otot yang tertarik dan melemah. Ada beberapa hal yang menyebabkan otot tubuh melemah, yaitu usia, bawaan lahir terutama di pusar dan diagfragma, cedera atau komplikasi dari operasi di bagian perut dan batuk kronis. Batuk kronis adalah batuk yang sudah berlangsung lebih dari dua bulan pada orang dewasa atau satu bulan pada anak-anak. Batuk ini sering disebabkan oleh kebiasaan merokok dan TBC sedangkan pada anak-anak sering disebabkan oleh asma.  Selain itu, ada sejumlah faktor yang diduga dapat meningkatkan risiko seseorang mengalami hernia di antaranya adalah konstipasi yang menyebabkan penderitanya harus mengejan saat buang air besar, terlalu sering mengangkat beban berat, penumpukan cairan di dalam rongga perut, berat badan meningkat secara tiba-tiba dan bersin yang berlangsung lama. Penyakit seperti cystic fibrosis secara tidak langsung juga dapat menyebabkan hernia.

Lalu bagaimana dengan gejalanya? Dilansir dari halodoc.com sebagian dari kasus hernia tidak menunjukkan gejala yang jelas. Biasanya gejala hernia ditandai dengan munculnya benjolah di perut atau lipat paha. Benjolan ini bisa ditekan dan menghilang ketika berbaring, serta muncul saat penderitanya batuk atau sedang mengejan. Gejalanya juga akan muncul sesuai dengan jenis hernia yang dialami.

Itulah hal-hal yang dapat kamu ketahui tentang penyakit ini seperti pengertian hernia dan penyebabnya. Kamu dapat berkonsultasi pada dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat untuk masalah atau gejala yang kamu alami. Jangan remehkan gejala penyakit karena dapat membahayakanmu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here